Pengertian SEO
SEO atau kepanjangan dari (Search Engine Optimization merupakan
suatu cara atau teknik untk membuat situs atau blog kita berada pada halaman
suatu mesin pencarian seperti google, bing, yahoo. SEO berfungsi untuk
mengoptimisasi suatu halaman website atau blog agar dapat berada pada halaman
suatu mesin pencarian dengan kata kunci yang ditargetkan.
Seperti
contoh :
Saya
mempunyai sebuah artikel di website ini yaitu “cara membuat jaringan warnet”,
kemudian saya optimasi halaman artikel tersebut dengan teknik SEO yang saya
gunakan dan dengan mentarget kata kunci “cara membuat jaringan warnet”, setelah
saya optimasi dengan baik alhasil halaman tersebut dapat ranking satu dengan
kata kunci yang saya target tersebut.
Keuntungan Melakukan SEO
1. Mendatangkan
Traffic yang Banyak
Kita semua pasti tahu jika situs atau blog
berada pada halaman satu Search Engine pasti akan mendatangkan pengunjung
(Traffic) yang sangat besar, tergantung pada keyword yang kita target dan besar
kecilnya data hasil pencarian dari Google Planner.
2. Meningkatkan
Penjualan
Jika suatu situs menjual suatu produk
atau barang seperti lazada.co.id yang menjual aneka barang seperti
laptop atau lainnya, maka jika ada orang mencari di google dengan keyword “jual
laptop murah” kemudian situs tersebut ranking 1, maka sudah 95% lazada akan
mendapatkan penjualan dari hasil SEO tersebut.
3. Meningkatkan
Daya Saing
Mudah saja untuk keuntungan SEO yang
satu ini, jika posisi suatu situs lebih tinggi maka secara otomatis daya
saingnya pun akan lebih tinggi. Masih banyak lagi keuntungan dari SEO ini yang
tidak saya sebutkan semua, karena saya yakin dengan 3 hal diatas saja pasti
anda sudah mengerti mengenai keuntungan SEO.
Sekilas Sejarah SEO
Menurut Danny Sullivan, istilah
search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh
sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin
pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.
Versi awal algoritma pencarian
didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui
meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi
tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata
kunci (keyword).
Sebagian webmaster melakukan manipulasi
dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang
sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs
tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan
menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang
mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.
Dasar-dasar SEO
Dasar SEO ini merupakan pondasi yang bisa dibilang
sangat wajib diketahui oleh pemula di dunia search engine
optimization karena hal tersebut merupakan suatu hal yang harus dan
diterapkan jika anda ingin menjadi ahli SEO atau membuat situs berada pada
halaman/posisi satu google dengan kata kunci yang anda target.
Perlu anda ketahui banyak orang yang bilang dasar SEO
itu ada dua dan juga ada yang bilang kalau dasar SEO itu ada tiga. Manakah
yang benar? menurut saya sendiri semuanya benar, hanya untuk mereka yang
mengatakan dasar SEO itu ada tiga berarti dia hanya menambahkan Riset
Keyword kedalam dasar SEO nya dan itu sangat benar karena SEO tanpa riset
keyword rasanya percuma seperti mencari alamat palsu.
Dasar-dasar dari SEO tersebut adalah :
1. On Page SEO
On Page SEO adalah suatu teknik mengoptimisasi halaman
website dengan menerapkan beberapa dasar keyword yang ditarget kedalamnya.
Keuntungan dari on page seo ini yaitu situs anda akan lebih dinilai relevan
oleh google, juga jika halaman tersebut hanya mendapatkan sedikit backlink bisa
dipastikan akan mudah ranking #1 Google.
Berikut dasar yang harus diterapkan dalam on page seo
:
a. Title Tag.
Title Tag itu sama seperti judul pada
suatu posting/artikel tetapi berbeda, karena umumnya title tag ini dibaca oleh
search engine, jika title tag tidak diganti atau sama menyerupai judul posting
maka yang muncul pada search engine sebagai title tag yaitu judul posting
tersebut. Berikut gambar contoh title tag.
Title Tag dapat diganti menggunakan
pluginWordPress Seo by Yoast jika anda menggunakan WordPress
b. Meta
Description.
Meta descriptions adalah keterangan dari
suatu halaman berdasarkan dari kalimat artikel postingan anda, agar meta
description terlihat menggoda dan menarik trafik anda perlu memodifikasinya
dengan menggunakan plugin SEO by Yoast seperti yang sudah dijelaskan
di atas.
c. URL (Uniform
Resource Locator)
URL singkatan dari Uniform Resource
Locator, adalah rangkaian huruf yang membentuk sebuah link yang menuju suatu
halaman situs, contoh “http://www.rudinazar.com/cara-riset-keyword/” jadi URL
ini sangat berpengaruh pada Search Engine Optimization.
d. Heading
Heading adalah sekumpulan kata yang
menjadi judul atau sub-judul dalam sebuah dokumen html. Heading berbeda dengan
tag < title >.
Html menyediakan enam tingkatan heading,
dimana heading level 1 (< h1 >) adalah yang terbesar, biasa berada di
judul posting, dan heading level 6 (< h6 >) adalah yang terkecil.
e.
Link to Authority Site
Link to authority site merupakan
sebuah posting yang di dalamnya terdapat link menuju situs – situs terpercaya /
yang dipercayai google seperti yotube, wikipedia, facebook dan
masih banyak lagi.
Cara mengetahui situs yang dipercayai
google? anda dapat melihatnya dari Page Rank (PR) situs tersebut jika page rank
suatu situs lebih dari 7 maka bisa dikatakan situs tersebut sudah dipercayai google
( Authority Site ).
Kemudian bagaimana cara untuk
mengetahui PR dari suatu situs? cara termudah yaitu anda cukup menginstall
Extensi WebRank SEO dari browser Google Chrome dengan cara mendownloadnya
terlebih dahulu dari Toko Web Chrome, untuk Mozila Firefox anda dapat
menggunakan seo toolbar dari seobook.
2.
Off Page SEO
Off Page Search Engine Optimization
adalah cara mengoptimisasi suatu halaman dari luar situs (menggunakan
backlink). Backlink adalah Link dari halaman situs kita yang berada pada halaman
situs orang lain yang mempunyai PR (Page Rank) yang tinggi.
Search Engine seperti Google sangat
menyukai Backlink yang berkualitas yang artinya Backlink dari situs authority
atau situs yang dipercayai Google dan mempunyai PR yang tinggi seperti Wikipedia,Twitter,
WordPress, dan lain-lain.
Oleh karenanya suatu situs akan di
angkat posisinya oleh google jika mempunyai backlink dari situs authority
tersebut, dan bahkan bisa menjadikan situs kita ranking tinggi dengan kata
kunci yang di target jika mendapatkan backlink dari situs yang berPR tinggi.
0 comments:
Post a Comment